...Unit
Organisasi Yang Terkait Dalam Pengelolaan Administrasi Pembelian...
® Bagian
Pembelian
-
Menerima SPP dari Bagian Gudang atau
dari bagian lain
-
Membuat SPPH rangkap 2, dalam hal
barang yang diminta belum ada pada daftar langganan (pemasok)
·
Lembar 1, diserahkan
kepada para calon pemasok (leverasir)
·
Lembar 2, diarsipkan
di Bagian Pembelian
-
Menerima surat penawaran harga dari
calon pemasok
-
Meneliti perbandingan harga
berdasarkan surat penawaran harga yang diterima dari calon pemasok
-
Menentukan calon pemasok yang cocok
menjadi pemasok barang yang bersamgkutan
-
Membuat SOP rangkap 6 untuk
didistribusikan :
·
Lembar 1 & 2, dikirimkan
kepada pemasok. Lembar 1 untuk pemasdok, lembar 2 setelah ditandatangani oleh
pemasok ditarik kembali, sebagai bukti penerimaan order pembelian
·
Lembar 3, diserahkan
kepada Bagian Penerimaan
·
Lembar 4,
diserahkan kepada Bagian Hutang
·
Lembar 5,
diserahkan kepada Bagian Gudang
·
Lembar 6,
diarsipkan di Bagian Pembelian sebagai arsip order yang belum diterima
pengirimannya
-
Menerima Laporan Penerimaan Barang
lembar 1 dari Bagian Pengiriman. Tanggal Laporan Penerimaan Barang dicatat
dalam SOP lembar 6. Selanjutnya order pembelian yang bersangkutan dipindahkan
kedalam arsip order yang telah diterima pengirimannya.
-
Menerima faktur dari pemasok. Data
faktur diteliti kecocokannya dengan data SOP yang bersangkutan
·
Mengenai barang
·
Mengenai harga
·
Mengenai syarat pembayaran &
syarat penyerahan
-
Menyerahkan faktur yang telah
dinyatakan cocok dengan isi SOP yang bersangkutan kepada Bagian Hutang
No comments:
Post a Comment