Cursor...

Oh Yeah Line Smiley Horizontal Resize - Hello Kitty

Calendar...

Clock...

Tuesday

Bagian Pembelian Dalam Pengelolaan Administrasi Pembelian



...Unit Organisasi Yang Terkait Dalam Pengelolaan Administrasi Pembelian...

®       Bagian Pembelian
-      Menerima SPP dari Bagian Gudang atau dari bagian lain
-      Membuat SPPH rangkap 2, dalam hal barang yang diminta belum ada pada daftar langganan (pemasok)  
·         Lembar 1, diserahkan kepada para calon pemasok (leverasir)
·         Lembar 2, diarsipkan di Bagian Pembelian
-      Menerima surat penawaran harga dari calon pemasok
-      Meneliti perbandingan harga berdasarkan surat penawaran harga yang diterima dari calon pemasok
-      Menentukan calon pemasok yang cocok menjadi pemasok barang yang bersamgkutan

-      Membuat SOP rangkap 6 untuk didistribusikan :
·         Lembar 1 & 2, dikirimkan kepada pemasok. Lembar 1 untuk pemasdok, lembar 2 setelah ditandatangani oleh pemasok ditarik kembali, sebagai bukti penerimaan order pembelian
·         Lembar 3, diserahkan kepada Bagian Penerimaan
·         Lembar 4, diserahkan kepada Bagian Hutang
·         Lembar 5, diserahkan kepada Bagian Gudang
·         Lembar 6, diarsipkan di Bagian Pembelian sebagai arsip order yang belum diterima pengirimannya
-      Menerima Laporan Penerimaan Barang lembar 1 dari Bagian Pengiriman. Tanggal Laporan Penerimaan Barang dicatat dalam SOP lembar 6. Selanjutnya order pembelian yang bersangkutan dipindahkan kedalam arsip order yang telah diterima pengirimannya.
-      Menerima faktur dari pemasok. Data faktur diteliti kecocokannya dengan data SOP yang bersangkutan
·         Mengenai barang
·         Mengenai harga
·         Mengenai syarat pembayaran & syarat penyerahan
-      Menyerahkan faktur yang telah dinyatakan cocok dengan isi SOP yang bersangkutan kepada Bagian Hutang

No comments:

Post a Comment